Superman

Senin, 09 Maret 2015

Iklan dan perbedaan iklan komersial dengan iklan masyarakat



Hello guys pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang iklan dan perbedaan antara iklan komersial dengan iklan masyarakat



Iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa (produk) yang dibuat oleh produsen/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat.

Iklan pertama kali diperkenalkan di nusantara oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda periode 1619 – 1629, Jan Pieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen meninggal.



Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non-Komersial :

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :
Iklan Strategis >>>Digunakan untuk membangun merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
Iklan Taktis >>>Memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.Iklan Non-komersial

Iklan Non-komersial biasa disebut juga sebagai Iklan Sosial atau Iklan Layanan Masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini tidak bertujuan untuk menawarkan barang dan jasa. Biasanya iklan ini bertujuan untuk pencapaian kondisi berkehidupan yang lebih baik (menurut pemasang iklan).

Contoh Iklan Non-komersial :



(Gambar 3.1 Iklan imbauan untuk berhenti merokok)




Sekian guys semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar